Syarat Utama Burung Kacer Lomba Supaya Bisa Juara

Kacer termasuk salah satu jenis burung yang banyak ditemukan di perlombaan. Bukan tanpa alasan tentunya, karena burung ini memang memiliki sifat agresif dan petarung. Hampir setiap perlombaan di berbagai dimenangkan oleh jenis burung ini.

Namun demikian, tentunya untuk mendapatkan burung kacer berkualitas tidak serta-merta dayang begitu saja. Ada cara atau syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk menjadikan burung ini juara. Syarat yang dimaksud biasanya dijadikan penilaian oleh juri.

Sebelum anda mengikutkannya pada lomba, sebaiknya perhatikan syarat utama yang akan kami jelaskan. Informasi ini kami rangkum dari situs kacer.co.id, anda pun bisa mengunjunginya untuk mendapatkan wawasan mengenai burung lebih mendalam.

Faktor Usia

Syarat pertama yang harus anda perhatikan adalah usianya. Bukan semakin tua semakin bagus, begitu juga sebaliknya. Usahakan usia yang dimiliki kacer sudah cukup matang. Kacer usia muda biasanya takut ketika ada musuh yang berkicau lebih nyaring.

Usia burung yang masih muda memiliki emosi yang tidak stabil. Ada kalanya agresif, namun jika ditantang oleh burung lain, mereka cenderung diam. Maka dari itu, ada baiknya anda memastikan bahwa usia burung yang akan diikutkan lomba setidaknya 5 tahun.

Usia ini dianggap paling ideal dan cukup matang, tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Usia yang matang memiliki emosi yang lebih stabil dan juga agresif. Untuk mengetahui usia burung kacer, anda bisa melihatnya dari bagian kaki yang bersisik.

Faktor Mental

Selain usia, faktor lain yang harus diperhatikan adalah mental burung kacer. Meski memiliki sifat petarung, namun tidak semuanya memiliki mental yang kuat. Burung yang tidak memiliki mental kuat biasanya hanya berkicau di awal.

Baca Juga :   Harga Realme C4 Baru dan Seken

Memang sangat keras dan merdu, namun ketika dibalas oleh burung lain biasanya down. Untuk mendapatkan mental yang kuat, anda perlu melatihnya secara rutin. Kalau perlu, anda bisa menyandingkan kacer dengan burung yang lebih agresif untuk memancingnya.

Apabila anda tidak memiliki burung petarung lainnya, silahkan bergabung dengan komunitas lain. Tidak perlu terlalu banyak, cukup 3 hingga 4 burung dalam satu arena untuk melatihnya. Lakukan latihan ini minimal 1 kali dalam seminggu.

Faktor Penampilan

Biasanya, pemilik burung kacer tidak pernah memperhatikan penampilan. Padahal penampilan ini sangat penting untuk membuat down lawan di arena. Penampilan ini sebenarnya sifat bawaan dari burung itu sendiri.

Penampilan yang dimaksud adalah ketika dia berkicau, bisa dari pergerakannya atau gaya tubuh. Meski sifat bawaan, namun anda bisa melatihnya dengan mendekatkan burung lain yang juga memiliki penampilan atau gaya yang hampir mirip.

Bagaimana, apakah anda memiliki burung kacer yang siap mengikuti lomba? Jika memang ada, maka perhatikan syarat utama atau faktor yang dijelaskan diatas. Sayang sekali tentunya jika anda terlanjur ikut, namun ternyata burung belum siap menjadi juara.